Tumpuan Gaji Rp600 Ribu Tahap IV Sudah Cair, Ini Pesan Menteri Ida

Tumpuan Gaji Rp600 Ribu Tahap IV Sudah Cair, Ini Pesan Menteri Ida

VIVA   –  Menteri Tenaga Kegiatan Ida Fauziyah memastikan bantuan atau subsidi gaji Rp600 ribu bagi pekerja, untuk tahap IV  gelombang I, telah mulai disalurkan dalam 25 September 2020. Pada periode IV penyalurannya akan diberikan di 2, 65 juta pekerja dengan datanya terverifikasi.

Tumpuan gaji pekerja terdampak Virus Corona atau COVID-19 ini diberikan untuk peserta BPJS Ketenagakerjaan yang bergaji di bawah Rp5 juta. Pada tahap IV data pekerja yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan adalah sebanyak 2, 8 juta pekerja.

“2, 65 juta orang yang sudah lengkap datanya serta telah diproses pencairannya oleh KPPN (Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara). Sisanya 150 ribu pekerja dikembalikan ke BPJS untuk dilengkapi datanya, ” ujar Ida dalam konferensi pers virtual, dikutip Sabtu 26 September 2020.

Baca juga:   Apartemen Berkonsep Mixed-Use Makin Populer, Ini Kelebihannya

Ida menjelaskan, secara pencairan tahap IV gelombang I  ini, secara total  sudah 8, 822 juta pekerja yang sudah menerima bantuan gaji Rp600 ribu per bulan. Pencairan bantuan itu pun diketahui dibagi 2 aliran masing-masing Rp1, 2 juta sekali cair.

“Sudah 96, 89 persen dari 9 juta data penerima yang kita jolok per 22 September 2020, ” tambahnya.

Lebih lanjut Ida pun berpetaruh bagi para penerima bantuan penghasilan ini untuk menggunakannya dengan baik. Uang itu diimbau digunakan buat memenuhi kebutuhan sehari-hari yang sebelumnya tak bisa dipenuhi karena berkurangnya penghasilan selama pandemi Corona.  

“Subsidi gaji itu merupakan salah satu upaya bersama-sama dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi COVID-19. Karena tersebut, kami berharap bantuan pemerintah digunakan untuk membeli kebutuhan dan buatan dalam negeri dan UMKM, ” tegasnya.

Dia pula meminta BPJS Ketenagakerjaan dan pemberi kerja terus berkoordinasi dengan molek mengenai data penerima. Sehingga bantuan gaji ini bisa tepat bahan untuk masyarakat yang membutuhkan.