SKB Pedoman UU ITE Formal Diteken, Ini Isi Lengkapnya

skb-pedoman-uu-ite-resmi-diteken-ini-isi-lengkapnya-1

Dapatkan promo member baru Pengeluaran SGP 2020 – 2021.

VIVA   –  Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Jaksa Agung ST. Burhanuddin  dan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate  mendatangi kantor Mahfud MD di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Kedatangan dua pejabat yang membidangi hukum itu ke ternyata bermaksud menandatangani Surat Kesimpulan Bersama (SKB).

Mahfud, Sigit, Plate dan ST Burhanuddin meneken SKB terkait Pedoman Kriteria Implementasi Undang – Undang Fakta dan Transaksi Elektronik ataupun dikenal UU ITE.

“Sambil menunggu revisi terbatas, pedoman implementatif yang ditandatangani tiga menteri serta satu pimpinan lembaga setimpal menteri bisa berjalan dan bisa memberikan perlindungan dengan lebih maksimal kepada umum, ” kata Mahfud MD dalam keterangan tertulisnya sudah menyaksikan penandatanganan di Pejabat Kemenko Polhukam RI, Rabu 23 Juni 2021.

Baca juga: Menkes: Vaksinasi COVID-19 di Indonesia Terakhir Capai 12, 8 Tip

Mahfud mengatakan, ini dibuat sesudah mendengar masukan dari para-para pejabat terkait, dari kepolisian, Kejaksaan Agung, Kominfo, umum, LSM, Kampus, korban, terlapor, pelapor, dan sebagainya.   “Semua sudah diajak perbincangan, inilah hasilnya, ” kata dia.

Dasar ini dibuat dengan jalan para penegak hukum, pra revisi UU dibahas, punya panduan menjalankan tugasnya dengan berkaitan dengan UU ITE. Panduan juga memberikan batasan pidana yang menimbulkan multitafsir dan diklaim dapat menjamin terwujudnya rasa keadilan asosiasi.

“Di tengah suasana pandemi yang meningkat, kami langgeng melaksanakan tugas kenegaraan dan tata pemerintahan, tadi saya berempat, saya Menko Polhukam, Menkominfo, kemudian Jaksa Besar, kemudian Kapolri, menindaklanjuti kesimpulan rapat kabinet internal tanggal 8 Juni 2021 kemarin, yang memutuskan tentang: satu, rencana revisi terbatas UNDANG-UNDANG ITE, kemudian yang ke-2 tentang pedoman implementasi kurang pasal UU ITE, bab 27 28 29 36, ” tutur Mahfud.

Pada prinsipnya, menurut Mahfud, SKB Ini merespons suara masyarakat bahwa UNDANG-UNDANG ITE itu kerap makan korban karena dinilai menyimpan pasal karet. Oleh sebab itu, pihaknya mengeluarkan perut keputusan yaitu revisi terpatok dan satu lagi yaitu hari ini ditandatangani pembuatan pedoman implementasi.