Rupiah Menguat di Awal Pekan, Berikut Faktor Pemicunya

rupiah-menguat-di-awal-pekan-berikut-faktor-pemicunya-1

Bonus harian di Keluaran HK 2020 – 2021.

VIVA – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) kembali menguat pada perdagangan awal pekan ini, Senin, 4 Oktober 2021. Rupiah bergerak di kisaran bawah Rp14.300 per dolar AS pagi ini.

Di pasar spot, hingga pukul 09.45 WIB rupiah telah ditransaksikan di level Rp14.290 per dolar AS. menguat 0,12 persen dari penutupan perdagangan sebelumnya Rp14.307 per dolar AS.

Kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia terakhir berada di level Rp14.315 per dolar AS, menguat dari nilai tengah hari sebelumnya di level Rp14.321 per dolar AS.

Baca juga: Minim Sentimen IHSG Kembali Tertekan, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan, pergerakan ini dipicu oleh sentimen pelaku pasar terhadap perekonomian domestik, khususnya program pengampunan pajak.

“Pasar merespons positif terhadap keseriusan Pemerintah yang akan kembali menggelar Program Pengampunan Pajak,” kata dia dikutip dari analisisnya hari ini.

Di sisi lain, kabar yang membuat sentimen positif pelaku pasar adalah ditemukannya obat antivirus pertama yang efektif melawan COVID-19 oleh perusahaan farmasi asal AS Merck & Co.