Ragukan Kapolri, Saut: Saya Paham Integritas Pasukan Tempur Saya

ragukan-kapolri-saut-saya-paham-integritas-pasukan-tempur-saya-1

Bonus harian di Keluaran SGP 2020 – 2021.

VIVA – Mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang meragukan keinginan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang ingin merekrut 56 pegawai KPK jadi ASN di Polri. Keraguan itu terkait kesesuaian penempatan dengan keahlian para pegawai nonaktif KPK.

Menurut dia, seharusnya Jokowi yang langsung menanggapi polemik pemecatan terhadap para pegawai KPK yang dianggap gagal tes wawasan kebangsaan (TWK). Terlebih berdasar Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK, lembaga antirasuah masuk ke dalam rumpun eksekutif.

“Karena KPK sudah bagian dari eksekutif, maka komandan perang batalion khusus antikorupsinya adalah presiden. Harus prudent dalam kaitan tata kelola resources dan strategy,” kata Saut dikutip Kamis, 30 September 2021.

Dia mengingatkan Presiden Jokowi dalam pemerintahannya yang memiliki jargon revolusi mental.

“Apalagi guna menghalau musuh pemberatasan korupsi yang sudah masuk di markas (KPK) kit. Itu bahaya besar kalau presiden anggap hal-hal biasa dalam revolusi mental yang dia buat,” jelas Saut.

Saut lebih jauh menilai, adanya tawaran dari Kapolri menegaskan buruknya pelaksanaan asesmen TWK. Ia meyakini, 56 pegawai KPK tersebut memiliki integritas yang tak diragukan.

“Ini mempertegas yang saya teriakan selama ini. Saya paham integritas pasukan tempur saya (Novel Baswedan dkk) dengan baik, di mana mereka berada di jalan lurus membangun kebangsaan yang beradab, adil dan jujur,” imbuhnya.