Konsumen Salah Pakai BBM, Sales Mobil Jadi Sorotan

Konsumen Salah Pakai BBM, Sales Mobil Jadi Sorotan

VIVA   – Dari 3 jenis bahan bakar minyak Pertamina yang memiliki spesifikasi tanpa timbal dan tidak disubsidi pemerintah, Pertalite adalah yang paling murah.

Saat ini, BBM secara Research Octane Number atau RON 90 tersebut ditawarkan dengan kehormatan setara Premium di puluhan praja, sebagai bagian dari program Udara Biru yang dicanangkan perusahaan pelah lidah merah tersebut.

Terampil Konversi Energi Fakultas  Teknik Mesin dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung, Tri Yuswidjajanto Zaenuri mengatakan kalau sebenarnya BBM yang memiliki RON di bawah 91 tidak sempurna digunakan pada kendaraan bermotor cetakan terbaru.

Sebab, saat ini sepeda mesin yang dibuat di Indonesia sudah menganut standar Emisi Euro 3 dengan RON minimum 91. Begitu pula dengan mobil, yang menggunakan standar Euro 4 dan RON paling rendah 91 juga.

“Mau diisi BBM secara RON 92 enggak apa-apa, asalkan jangan diisi RON 90 ataupun RON 88, ” ujarnya masa acara webinar Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), dikutip VIVA Otomotif Rabu 18 November 2020.

Tri mengatakan, konsumen bakal cenderung membeli BBM yang harganya paling murah. Meski, di instrumen sudah tertulis bahwa mesin cuma bisa bekerja optimal jika memakai bensin dengan RON minimal 91.

“Tidak ada yg mengharuskan ia mengisi BBM tertentu. Sekalipun tertulis dalam kaca, belum tentu diikuti. Penumpu Euro itu tidak berlaku lagi ketika kendaraan sudah di tangan konsumen, karena tidak ada pengujian emisi untuk kendaraan pribadi, ” tuturnya.

Kebiasaan memakai bensin yang tidak sesuai spesifikasi kendaraan, menurut Tri juga kelanjutan kurangnya pemahaman para tenaga penjual di diler mobil.

“Saat di diler, konsumen tanya ke sales bisa pakai Premi atau Pertalite. Sales kemungkinan pikiran bisa, agar produknya laku, ” ungkapnya.

Menurut Tri, cara paling efektif agar pemilik kendaraan mau membeli BBM dengan sesuai dengan spesifikasi adalah secara menghapus jenis yang tidak betul.

“Mesti dipaksa supaya terbiasa. Kalau disediakan terus, maka akan membeli BBM itu karena paling murah, ” jelasnya.

Baca juga:   Mobil dan Motor Baru Diklaim Enggak Cocok Pakai Pertalite