Kolom Prof Tjandra: Tiga Hal Mutasi Baru COVID-19 di Indonesia

kolom-prof-tjandra-tiga-hal-mutasi-baru-covid-19-di-indonesia-1

Dapatkan promo member baru Pengeluaran HK 2020 – 2021.

VIVA   –  Beberapa hari yang semrawut pada pertengahan Mei 2021 ini Kementerian Kesehatan melahirkan bahwa ada 26 pergantian virus COVID-19 baru dengan telah masuk ke Indonesia. Sebanyak 26 mutasi virus itu terdiri atas 14 kasus varian dari Inggris B. 1. 1. tujuh, dua kasus varian sejak Afrika Selatan B. 1. 351, dan 10 kasus B. 1. 617 dibanding India.  

Secara umum kita ketahui bahwa setiap ada varian atau mutasi baru COVID-19 maka para pakar selalu menganalisa dampaknya terhadap 4 hal, yaitu pada kecakapan diagnosis dengan PCR, jalan peningkatan penularannya, kemungkinan aib menjadi makin berat serta apakah ada dampaknya terhadap efikasi vaksin. Karena itu maka setiap ada masukan varian atau mutasi gres maka akan mendapat perhatian penting. Untuk kita pada Indonesia maka tentu telah banyak yang dilakukan untuk mengendalikan kemungkinan penyebaran varian dan mutasi baru ini. Dalam hal ini tersedia tiga hal yang mau dibahas.

Pertama, laporan 26 mutasi kasus mutasi baru ini tentu berdasar temuan yang tersedia dari pemeriksaan “ whole genome sequencing” yang sudah dilakukan sejauh ini. Kalau jumlah yang diperiksa makin penuh lagi, Inggris misalnya telah memeriksa beberapa ratus ribu sampel, maka bukan tak mungkin akan ditemukan lagi kasus- kasus yang asing.