Kecanggihan MV Swift Rescue yang Visualkan KRI Nanggala pada Bawah Laut

kecanggihan-mv-swift-rescue-yang-visualkan-kri-nanggala-di-bawah-laut-1

Jackpot hari ini Result Sidney 2020 – 2021.

VIVA   –  Pencarian KRI Nanggala 402 yang dilaporkan kering kontak dan dinyatakan tenggelam di perairan Bali tidak lepas dari kerjasama semua personil tim gabungan yang didukung kecanggihan alutsista. Kapal selam nahas tersebut kesudahannya berhasil ditemukan karam di kedalaman 838 meter.

Operasi pencarian membabitkan 21 unsur KRI ditambah bantuan dari Polri, Basarnas, BPPT, KNKT hingga kapal asing dan pesawat perondaan kapal selam P-8 Poseidon milik Angkatan Laut Amerika Serikat. Pencarian membuahkan buatan di hari kelima.

KRI Rigel, yang memiliki kemampuan sonar kolong laut akhirnya melakukan relasi signifikan di sekitar kedudukan tenggelamnya KRI Nanggala & telah menghasilkan citra lembah air yang lebih detil terkait keberadaan kapal.

Namun karena keterbatasan peralatan, ROV (Remotely Operated Vehicle) atau robot bawah laut KRI Rigel hanya mampu pada kedalaman 800 meter, oleh sebab itu informasi tersebut ditindaklanjuti kapal MV Swift Rescue hak Singapur dengan menurunkan ROV untuk memperkuat citra bahwa air secara visual menggunakan kamera.

Minggu pagi, pukul 09. 04 Wita, ROV MV Swift Rescue Singapura mendapat kontak visual pada posisi 07 derajat 48 menit 56 detik Selatan dan 114 derajat 51 menit 20 detik Timur. KRI Nanggala ditemukan 1. 500 yard sebelah Selatan dari tempat pertama kali dilaporkan tenggalam pada kedalaman 838 meter dengan kondisi terbelah tiga bagian.

Dilansir laman Naval-Technology , MV Swift Rescue merupakan jenis kapal Submarine Support and Rescue Vessel (SSRV) yang dioperasikan Angkatan Laut Singapura. Dibangun sebab ST Marine, anak kongsi dari Singapore Technologies Engineering (ST Engineering). Kapal rescue ini diluncurkan perdana dalam tahun 2008.

Kapal berbobot 4. 290 ton dengan awak kapal 27 karakter itu mampu melakukan berdiam penyelamatan dalam kondisi aliran tinggi Sea State 5, serta mampu melakukan penyelamatan kapal selam yang tenggelam di kedalaman laut.