Hati-hati, Tidur dengan Durasi Ini Tingkatkan Risiko Stroke

Bonus harian di Keluaran SGP 2020 – 2021.

Selasa, 9 November 2021 – 04:16 WIB

VIVA – Untuk menjaga tubuh tetap berfungsi dengan baik, seseorang disarankan untuk tidur 6-8 jam. Namun, tidak disarankan untuk tidur melebihi durasi tersebut karena dapat meningkatkan risiko stroke.

Ya, banyak yang menjadikan akhir pekan untuk tidur lebih lama. Tapi hati-hati, tidur berlebihan setiap hari dapat mengindikasikan masalah medis tertentu.

Dilansir Times of India, Senin 8 November 2021, hasil penelitian menunjukkan, orang yang tidur lebih dari 8 jam setiap hari, lebih mungkin untuk menderita stroke dibandingkan dengan orang yang hanya tidur antara 6-8 jam. Karena gaya hidup yang tidak banyak bergerak ini, orang-orang berusia 25 tahun meninggal karena serangan jantung yang menyebabkan stroke.

ilustrasi stroke

ilustrasi stroke

Dalam penelitian ini, para ilmuwan menghubungkan antara tingkat stroke dengan pola tidur yang dilaporkan sendiri oleh para peserta studi. Di mana stroke terjadi ketika aliran darah ke bagian otak terganggu atau berkurang, sehingga menyebabkan kerusakan pada jaringan otak.

Menurut hasil penelitian, orang yang tidur lebih dari 8 jam per malam memiliki 23 persen peningkatan risiko stroke dibandingkan orang yang tidur kurang dari 8 jam per malam.

Selanjutnya, orang yang tidur siang setidaknya 90 menit di tengah hari memiliki kemungkinan 25 persen lebih tinggi terkena stroke, daripada mereka yang tidur siang kurang dari 30 menit.